WAWAN GUIDE



Resep Cara Membuat KETUPAT KANDANGAN - Masakan Khas Banjarmasin dan Cara Membuatnya



Masakan Khas Banjarmasin dan Cara Membuatnya


Berbicara makanan khas Banjarmasin Kalimantan Selatan pastinya tidak jauh dari berbicara makanan serba ikan. Betul kan guys?
Yaps... Hal ini dikarenakan Banjarmasin terkenal dengan sebutan Kota Seribu Sungai...
Mau nanya nih sebelumnya masbro udah pernah ke Banjarmasin belum? He..he..he sekali sekali main ke sana masbro..karena disana banyak makanan makanan serba ikan sungai yang enak enak banget tuh.

Nah...
Salah satu yang termasuk kedalam makanan khas banjarmasin adalah Ketupat Kandangan.
Sebenernya Kandangan itu nama suatu daerah yang letaknya sekitar 3 jam sih kalo naik mobil dari Kota Banjarmasin. Ya seperti Jakarta Bandung gitulah.... Masbro!!

Oke biar lebih gampang seperti apa makanan khas Banjarmasin Kalimantan Selatan yang bernama Ketupat Kandangan itu...

Mari kita tonton saja VIDEO mas Buset waktu jalan jalan di Banjarmasin alias di Kandangannya langsung.





Resep Cara Membuat Ketupat Kandangan


Oke... Sekarang kita bahas bagaimana cara memasak makanan khas Banjarmasin yang terkenal enak ini.

Bahan bahannya cukup mudah ditemukan yaitu antara lain:

1. Ikan gabus alias ikan haruan
2. Telur
3. Lengkuas
4. Sereh
5. Bawang merah dan bawang putih
6. Jahe, Kemiri, dan Kencur
7. Kelapa parut
8. Cabe kering

Cara membuatnya:

Pertama masbro tinggal peras peras tuh kelapa parut dan telur untuk mencari santannya.
Kalo santannya sudah dapat...
Langsung aja masak tuh santan dengan lengkuas, cabe kering dan bumbu halus yang udah dibuat dengan jahe, kemiri, dan kencur...

Nah kalo sudah mendidih, sekarang tinggal matikan kompornya supaya santan santan kentalnya mengambang. Nah santan santan yang ngambang ini perlu dibuang masbro... Saring aja tuh pakai saringan teh... Lalu dibuang..
Trus, kuah santan yang tersisa tadi tinggal dipanaskan lagi deh beserta dengan ikan gabusnya hingga matang sempurna tuh ikan.

Nah kalo ikannya sudah matang itu pertanda masakan ketupat kandangannya sudah matang.
Sekatang tinggal dihidangkan dengan ketupat dan dinikmati selagi panas.

Bagaimana? Gampang kan?



Oke nanti kita ketemu di postingan postingan berikutnya ya. Jangan lupa tinggalkan komentar donk. Semua komentar pasti akan dibalas langsung oleh mas Buset. He...he...he

Terima kasih. Jangan lupa subscribe juga ya Youtube mas Buset. Sampai jumpa!!!



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

This template is designed by Budi Setiawan
Theme : Simplicity is fun banget v.2
Copyright 2011