WAWAN GUIDE



Resep Cara Membuat “PAPEDA” dengan Tepung Kanji



Indonesia memiliki berbagai macam kuliner yang enak dan unik. Nah kali ini mas Wawan akan mengajak kalian untuk menikmati dan membuat salah satu makanan khas dari Ambon yang berbahan sagu yaitu Papeda Ikan Kuah Kuning.

Sebenernya Papeda ini tidak hanya terkenal di daerah Ambon, Maluku, tetapi makanan yang terbuat dari sagu ini banyak ditemukan di berbagai daerah di Indonesia khususnya di wilayah bagian timur. Adapun nama nama papeda tersebut diantaranya sebagaimmana berikut:
  1. Onyop (Sulawesi Tengah)
  2. Dui (Morowali)
  3. Kapurung (Sulawesi Selatan)
  4. Kapurung Palopo (Palopo)
  5. Pogalu (Toraja)
  6. Sinonggi (Kendari)
  7. Papeda (Maluku dan Papua)

Video Makanan Khas Ambon Papeda dari Sagu Dengan Ikan Kuah Kuning

Nah... Waktu mas Wawan berkunjung ke Ambon Maluku, Mas Wawan sempat memakan makanan yang Papeda yang khas ini. Untuk lebih mudahnya... Yuk  nonton saja VIDEO mas Wawan di bawah ini...



Resep Cara Membuat Papeda dengan Tepung Kanji

Oke sekarang kita akan mencoba menjelaskan apa apa saja sih yang perlu disiapkan untuk membuat makanan Papeda ini. Untuk membuatnya ternyata sangat mudah meskipun bahan utamanya yaitu sagu lebih banyak ditemukan di wilayah Indonesia bagian timur. Tapi tentu di wilayah Indonesia bagian tengah dan barat juga sudah mudah menemukan sagu dalam bentuk tepung, yaitu tepung kanji...

Di warung dekar rumah kamu juga banyak kan tepung kanji?

Oke langsung Yuk kita uraikan lebih lanjut bahan-bahan apa saja yang diperlukan...

Bahan Papeda Food Terbuat Dari

Ini dia bahan-bahan yang gampang banget dicari di swalayan atau supermarket dekat rumah kamu. Bahan-bahan yang perlu disiapakan untuk membuat Papeda yaitu antara lain sebagai berikut:
  1. Tepung Kanji (Tepung Sagu)
  2. Garam
  3. Kaldu Ayam
  4. Bawang Putih
  5. Air
Saya yakin tidak susah bagi kamu untuk menemukan bahan bahan di atas tersebut. Ada yang kesusahan mencarinya? He...he...he...

Cara membuat Papeda

Yups setelah kamu membeli bahan-bahan yang disebutkan di atas... Langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah sebagai berikut:
  1. Panaskan air hingga mendidih. Yah kurang lebih boleh sekitar 3 gelas saja
  2. Haluskan bawang putih dengan menggunakan blender dan campur dengan sedikit air.
  3. Siapkan baskom atau mangkok juga boleh. Kemudian aduk aduk semua bahan yang telah disiapkan seperti tepung kanji, bawang putih halus, garam dan kaldu ayamnya.
  4. Setelah itu campurkan saja tuh air yang tadi sudah didihkan ke dalam baskom berisikan campuran bahan-bahan di atas. Aduk-aduk semua itu sampai menjadi kental layaknya lem kertas. He...he...he...
  5. Papeda yang sudah jadi bisa kamu nikmati dengan makanan lain seperti Ikan Kuah Kuning dan lainnya. Tapi secara umum paling enak memang dicampur dengan makanan serba ikan yang basah-basah sih...

Nah demikianlah cara dari bagaimana resep membuat papeda dari tepung kanji. Sebenarnya makanannya ini mirip dengan lem kertas yang biasa kita temukan di supermarket. Cuma bedanya kan kalo lem gak perlu dibikin nikmat seperti memakai kaldu ayam segala ya? He...he...he....

Bagaimana? Apakah berniat mencoba membuatnya? Nanti kalo sudah buat coba dishare ya fotonya di bagian komentar.

Oke kalo gitu mas Wawan mohon pamit. Terima kasih udah mebaca dan mengunjungi situs ini. Oh ya... mas Wawan juga punya video video menarik di Youtube hasil jalan-jalan. Kalo ada waktu coba ditonton karena ada banyak video yang berfaedah disana. Jangan lupa juga kasi like dan komentar serta subscribe Youtube Buset Bali.

Terima kasih dan sampai jumpa di postingan selanjutnya.... Salam...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

This template is designed by Budi Setiawan
Theme : Simplicity is fun banget v.2
Copyright 2011